5 Tips Memilih Dokter Kandungan (Dr. Sp.OG)

0

 

5 tips memilih dokter kandungan

 

Anda sudah positif hamil? Wah selamat ya 🙂

Mendapatkan hasil testpack bergaris dua pastinya sangat membahagiakan ya. Dan itu juga artinya anda akan menjadi bunda.

Kemudian hal selanjutnya yang harus bunda lakukan setelah mengetahui hasil testpack positif yaitu bunda harus segera memeriksakan kandungan bunda ke Dokter Spesialis Kandungan/Sp.OG.

Apa sih Dokter Sp.OG itu? Sp.OG itu sendiri memiliki singkatan dari Spesialis Obstetri & Ginekologi (Kebidanan & Kandungan). Jadi bunda bisa memeriksakan kesehatan sistem reproduksi dan kandungan di Dokter Sp.OG tersebut.

Bunda dan suami juga harus benar-benar selektif dalam memilih Dokter, karna pemilihan Dokter yang tepat juga bisa mempengaruhi perkembangan janin dan kenyamanan bunda selama 3 semester kehamilan lho bun.

Jika bunda dan suami masih bingung dalam memilih Dokter Kandungan yang tepat, ada beberapa tips nih bun. Berikut beberapa tips dalam memilih Dokter Kandungan :

  1. Mencari Referensi/Testimoni Dokter Yang Akan Kita Pilih

Bunda bisa mencari informasi kepada teman-teman dan kerabat tentang siapa-siapa saja Dokter Kandungan yang recommended. Tanyakan kepada teman dan kerabat bunda bagaimana pendapat mereka tentang Dokter tersebut.

Nah sekiranya bunda sudah mendapatkan pendapat/masukan dari teman dan kerabat bunda tentang Dokter yang bagus dan nyaman maka silahkan bunda periksakan kehamilan bunda ke Dokter tersebut ya bun.

2. Informatif

Jika Dokter yang bunda pilih bisa menjelaskan informasi-informasi yang bunda inginkan atau yang bunda sama sekali belum ketahui, maka lanjutkan pemeriksaaan berikutnya di Dokter tersebut ya bun.

Tapi jika Dokter tersebut menurut bunda tidak memebri informasi yang cukup untuk bunda, atau bahkan tidak bisa menjelaskan tentang apa yang bunda pertanyakan maka lebih baik ganti Dokter saja ya bun.

Intinya jika bunda puas dengan informasi yang diberikan Dokter tersebut maka lanjutkan dengan Dokter tersebut. Tapi jika bunda kurang puas atau bahkan tidak puas sama sekali maka lebih baiknya bunda ganti Dokter ya bun.

3. Komunikatif

Jika bunda suka tidak puas dengan jawaban yang singkat dan padat, maka bunda harus memilih Dokter yang bisa merespon serta menjelaskan panjang dan lebar dari rentetan pertanyaan bunda.

Namun sebaliknya, jika bunda cenderung tidak butuh jawaban bertele-tele, maka pilihlah Dokter yang tegas dan tidak banyak penjelasan.

Intinya, pilihlah Dokter yang sesuai kebutuhan dan juga jangan lupa mencocokkan dengan pribadi bunda.

Memilih Dokter kandungan mirip dengan memilih jodoh, bunda harus menemukan Dokter yang pas/cocok.

Jika dalam berkomunikasi dengan Dokter tersebut saja bunda tidak nyaman, ya untuk apa dilanjutkan berkomunikasi. hehe sekiranya begitu.

4. Keputusan Dokter

Amati sudut pandang dan tipe keputusan yang diambil Dokter berkaitan dengan hal-hal yang menurut bunda penting.

Dengan demikian, bunda akan merasa lebih tenang karena tahu pilihan-pilihan bunda akan mendapat dukungan.

5. Nyaman (kenyamanan bumil ini lah yang utama)

Dokter kandungan tersebut harus bisa mendengarkan dan menghargai kebutuhan serta harapan bunda.

Dan bunda juga harus merasakan nyaman ketika bertanya/mengajukan pertanyaan ke Dokter tersebut. Kepedulian Dokter tersebut adalah yang terpenting disamping keterampilan dan pengetahuan yang merea miliki.

Tanpa sikap yang hangat dan kepedulian tinggi, bunda akan merasa tidak nyaman dan cemas selama persalinan.

Bunda harus memilih Dokter yang paling sesuai dengan kepribadian bunda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here