Penting! Hasil Test Pack Samar, Hamil Atau Tidak?

0

Anda pernah mendengar orang lain bercerita tentang melihat hasil testpack dan hasilnya garis dua tapi salah satu garisnya itu samar? Atau anda yang pernah mencobanya sendiri? Dan apakah anda bingung dengan hasil salah satu garis samar tersebut? Kalau begitu silahkan baca artikel ini sampai selesai ya 🙂

Hasil testpack positif hamil / negatif hamil itu umumnya sangat mudah dibaca/diketahui, yaitu jika setelah diujikan ke urine dan muncul garis dua pada testpack makan hasilnya ialah positif hamil. Tetapi jika yang muncul hanya garis satu saja maka hasilnya tentu negatif hamil.

Lalu bagaimana jika muncul garis dua tapi salah satu garisnya samar/tidak terlihat jelas? Ada beberapa alasan yang membuat hasil testpack samar di salah satu garisnya :

  1. Hasil garis samar yang menandakan positif hamil

Anda positif hamil, tapi pengujian testpack yang anda lakukan terlalu dini, sehingga kadar HCG (Human Chorionic Gonadotropin) dalam tubuh anda masih rendah. Hormon HCG adalah hormon alami yang dibentuk tubuh pada saat hamil.

Tubuh anda akan memproduksi hormon HCG lebih banyak seiring berjalannya waktu. Sehingga ketika anda melakukan uji testpack kembali maka hasilnya akan muncul garis dua yang jelas, yang menadakan bahwa anda positif hamil.

Sedikit sharing, saya pun pernah mengalami hal seperti ini. Saat itu saya melakukan pengujian testpack tapi hasilnya samar. Akhirnya saya uji testpack lagi beberapa hari kemudian. dan hasilnya sesuai harapan, yaitu saya positif hamil.

Tespek samar

 

Jadi ketika melihat hasil testpack dan hasilnya samar di salah satu garisnya, maka bergembiralah! Sebab itu menandakan anda positif hamil, hanya saja umur janin yang masih sangat muda.

2. Hasil garis samar yang menandakan negatif hamil

Garis itu muncul ketika urine menguap dari stick tespack. Jadi garis samar nya itu hanyalah sebuah garis penguapan/evaporasi.

Maka penting untuk mengikuti aturan pakai yang tertera pada kemasan testpack. Jika membaca hasilnya sesuai dengan rentang waktu yang tertulis pada kemasan kemudian melihat ada garis samar, maka kemungkinan besar positif hamil. Tapi jika melihat hasilnya melewati waktu yang tertulis pada kemasan testpack maka kemungkinan itu hanya garis penguapan/evaporasi (negatif hamil).

3. Hasil garis samar yang menandakan keguguran dini

Kejadian ini menunjukkan bahwa sesungguhnya embrio telah tertanam di dalam rahim, namun terjadi kegagalan implantasi embrio pada rahim dan penyebab utamanya adalah masalah kromosom/genetik.

Dan sebenarnya hormon HCG sudah diproduksi pada selang waktu yang singkat, namun diikuti dengan keguguran sebelum tanda fisik kehamilan dapat teramati.

Ada beberapa Dokter yang menjelaskan bahwa penyebab paling umum dari kegagalan berkembangnya embrio ini yaitu masalah kromosom. Jadi bayi sebenarnya membutuhkan jumlah kromosom yang tepat untuk dapat berkembang.

Yaitu bayi harus mendapatkan jumlah kromosom 23 dari ibu dan 23 dari ayah, jika kurang atau malah berlebih maka bayi tidak akan berkembang atau hanya akan menjadi embrio saja, tidak akan berkembang menjadi bayi yang sesungguhnya.

Demikianlah penjelasan singkat tentang garis samar pada testpack, apabila anda mengalaminya maka jangan buru-buru menyimpulkan hasilnya. Lihat kembali cara penggunaan testpack anda, jika memang sudah benar maka cocokkan dengan salah satu dari 3 ulasan tentang garis samar pada testpack diatas.

Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here