10 Tempat Wisata Yang Ada Di Bromo (Part 2)

0

Gunung Bromo, Surga Para Pendaki

Hampir semua pendaki selalu ingin pergi ke Gunung Bromo. Di mata pendaki amatir sampai yang  profesional dengan jam terbang tinggi, Gunung Bromo memang memiliki keistimewaan.

Gunung yang namanya diambil dari nama Dewa Brahma ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Wisata Gunung Bromo Jawa Timur adalah salah satu tempat wisata di Indonesia yang menjadi favorit bagi wisatawan baik dalam negeri maupun dari luar negeri.

Tidak hanya pemandangan matahari terbitnya saja yang menjadi daya tarik utama gunung Bromo ini, namun ada banyak sekali tempat wisata di sekitar Bromo yang jarang di explore oleh wisatawan.

Uniknya, beragam tempat wisata ini untuk mengunjunginya membutuhkan kendaraan tipe 4 wd yaitu land cruiser, hartop atau jeep dan bisa juga menggunakan motor trail/KLX.

Tempat – tempat wisata menarik di Bromo ini sering kali terlewatkan karena umumnya pengunjung hanya mengunjungi 4 lokasi umum saja misalnya ke Gunung Penanjakan untuk melihat sunrise, kawah bromo ,  padang rumput savanah dan bukit teletubbies.

Kali ini kami akan membuatkan artikel lengkap tentang obyek wisata yang wajib anda kunjungi jika anda berlibur ke Gunung Bromo.

Sayang sekali jika anda sudah jauh-jauh hari memilih liburan ke Bromo namun banyak tempat wisata yang anda lewatkan.

Daftar tempat wisata di Bromo yang wajib anda Singgahi :

6. Pasir Berbisik

photo by @agungbromo731

Awal mula dari pasir berbisik ini adalah tempat di mana lautan pasir yang memiliki suara desisan angin yang khas saat ada terpaan angin. Dari sinilah masarakat sekitar atau wisatawan menyebut tempat ini dengan Pasir Berbisik.

Pemandangan yang mempesona di Gunung Bromo ini selain bisa melihat hamparan lautan pasir juga terselip pemandangan lereng-lereng kalendra sebagai pembatas lautan pasir dengan hutan gunung bromo sebagai pelengkap keindahan di mata kita.

7. Pura Luhur Poten

photo by https://akucintanusantaraku.blogspot.com

Pura Luhur Poten dibangun pada tahun 2000 dengan titik utama pemujaan untuk dewa Brahma. Pembagian daerah di pura ini ada tiga mandala atau zona dimana setiap mandalanya mempunyai sebuah candi dengan perpaduan budaya arsitektur Jawa dan Bali.

Jika andaingin mengunjunginya, jangan lupa membawa berbagai macam alat fotografi terutama saat ada upacara tertentu seperti upacara Tirta Yatra atau memohon air suci. Tetapi meskipun tidak ada upacara, maka keindahan Pura Luhur Poten pun sudah cukup menjadi destinasi wisata yang worth it.

8. Air Terjun Coban Pelangi

photo by https://beritadunia.net/

Air Terjun Coban Pelangi adalah sebuah air terjun unik yang dapat mengeluarkan berbagai macam warna bak pelangi. Air terjun yang dikelola oleh Perum Perhutani Malang ini dikelilingi oleh pepohonan hijau yang membuat suasana disekitar air terjun sangat menyegarkan mata. Karena letaknya yang berada di ketinggian 1.400 mdpl, udara di sekitar air terjun sangat dingin, bahkan suhu terendah yang pernah terjadi adalah 19 derajat celcius.

Wisata Air Terjun Coban Pelangi terletak di desa Gubukklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dari kota malang jaraknya sekitar 30 km ke arah timur, dengan kendaraan dapat ditempuh selama 1 jam. Untuk menuju kesana banyak petunjuk arah di sepanjang jalan atau bisa berpatokan dengan jalur menuju Gunung Bromo dan Gunung Semeru. Lokasinya 2 km setelah desa Gubukklakah, ditandai dengan papan nama Wisata Air Terjun Coban Pelangi di sebelah kanan jalan.

9. Penanjakan 1 dan Penanjakan 2

Penanjakan 1
photo by https://dijejayanti.blogspot.com

Penanjakan 1 yang terletak di Wonokitri Pasuruan, adalah lokasi untuk melihat sunrise di atas ketinggian 2.770 mdpl. Keindahan lokasi ini menjadi salah satu daya tarik saat ingin melihat proses terbitnya matahari secara sempurna. Tempat ini merupakan tempat tertinggi dikawasan taman nasional Bromo.

Pemandangan matahari terbit ditambah keindahan alam khas Penanjakan 1 membuat para traveler selalu ingin mampir ke sana tiap mendaki Gunung Bromo. Keistimewaan Penanjakan 1 adalah dari titik tersebut pengunjung bisa melihat keindahan Gunung Kursi, Gunung Bromo, Gunung Semeru dan Gunung Batok.

Pada pagi hari setelah momen sunrise berlalu, akan muncul kabut tipis yang menghampar di padang pasir luas sambil menyapa cahaya matahari samar-samar.

Untuk mencapai Penanjakan 1 ini anda wajib menggunakan kendaraan jeep atau hartop mengingat akses kesini cukup banyak tikungan tajam dan curam. Alternatifnya jika tidak menyewa hartop menggunakan sepeda motor namun jangan pakai kendaran matic. Selain itu untuk berangkat ke Penanjakan 1 ini harus lebih awal yaitu sekitar jam 3 dini hari, usahakan jangan sampai terlambat karena view point terbaik di Bromo ini merupakan spot yang di favoritkan pengunjung untuk melihat keindahan matahari terbit dari Bromo .

Penanjakan 2
photo by @baperman_

Puncak Penanjakan 2 Bromo merupakan alternatif lain sebagai tempat untuk menikmati matahari terbit atau yang lebih dikenal dengan wisata bromo sunrise. Memang tempatnya tidak setinggi view point Wonokitri, namun tempat wisata ini sering dijadikan alternatif melihat sunrise di Bromo, ketika view point utama sedang ramai atau penuh sesak pengunjung.

Penanjakan 2 berlokasi di kabupaten Probolinggo, tepatnya di desa Seruni, Sukapura. Tempat ini sebelumnya sempat ditutup karena rawan longsor, namun seiring waktu, pihak pemerintah setempat terus mengadakan perbaikan-perbaikan, sehingga tempat tersebut sudah seperti sekarang.

Dari tempat ini anda juga bisa menyaksikan keindahan Bromo dengan sempurna. Karena tempat wisata ini juga berhadapan langsung Gunung Bromo, Batok, Kursi juga Semeru walaupun dalam sudut berbeda, disamping itu spot disini juga tidak kalah menarik bila dibanding spot di Wonokitri.

Sama halnya dengan penanjakan 1, untuk mencapai view point di Puncak Penanjakan 2 Bromo, pengunjung juga harus menyewa Jeep Bromo atau Hardtop, karena jalur menuju tempat ini cukup menanjak, dan ketika anda berada diparkiran jeep anda diharuskan berjalan kaki menelusuri anak tangga kurang lebih 10 menit untuk mencapai puncak wisata penanjakan 2.

10. Padang Rumput Savana

photo by https://wisatakotamalang271460092.wordpress.com

Padang rumput Savana Bromo, merupakan salah satu destinasi wisata favorit para wisatawan saat berkunjung ke Bromo.

Lokasi dari tempat wisata ini berada diselatan gunung bromo, jarak dari tempat wisata lainnya di bromo memakan waktu kurang lebih 20 menit, ketika berada dilokasi ini kesan suntuk, penat dan apapun yang ada di otak anda akan sirna melihat keindahan alam hijau sekitar

Dengan didominasi tumbuhan tanaman jenis pakis, ilalang, tumbuhan lavender serta rerumputan lainnya membuat kawasan ini seperti karpet hijau raksasa. layaknya pemandangan di daratan tingggi New Zealand atau Skotlandia.

Keindahan Padang Rumput Savana dengan rumput hijaunya juga banyak dimanfaatkan para calon pengantin untuk photo prewedding dengan nuansa romantis perbukitan di kawasan Gunung Bromo.

Padang Rumput Savana ini juga dikenal oleh para wisatawan dengan sebutan Bukit Teletubbies, kami rasa juga betul seperti itu karena di padang rumput savana yang indah nan hijau ini juga terdapat bukit-bukit yang menyerupai dengan rumah tokoh kartun Teletubbies yang pernah popular beberapa tahun lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here